Blogroll

Sabtu, 09 Juni 2012

Supaya Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer

Jika anda menghabiskan berjam-jam di depan layar komputer, dan mengalami keluhan-keluhan seperti, mata serasa terbakar, leher sakit, penglihatan kabur, atau kepala berdenyut-denyut, maka anda mungkin memiliki masalah yang umum dikenal sebagai ‘mata lelah’.
Dalam istilah medis ini disebut Computer Vision Syndrome, dan itu berasal dari kombinasi cahaya latar monitor anda yang terang, silau, dan menatap layar monitor untuk waktu yang lama.

Berikut adalah tips yang efektif Supaya Mata Tidak Cepat Lelah Di Depan Komputer :
  1. Sesuaikan posisi monitor Anda
  2. Sebuah penyyesuaian sederhana dalam settiing monitor, dapat memecahkan kelelahan mata Anda. Untuk kenyamanan yang optimal, monitor harus berjarak 20 sampai 30 inci dari mata anda. Selain itu, bagian atas monitor harus sejajar dengan mata, karena anda harus melihat ke bawah saat bekerja.
  3. Sesuaikan pencahayaan
  4. Telalu banyak cahaya buatan atau alami dapat membuat silau monitor, yang dengan cepat membuat lelah mata anda. Jadi, matikan semua lampu yang menggangu dan posisikan komputer anda sehingga setiap cahaya alami dapat masuk di kedua sisi monitor anda. Cahaya tidak harus diarahkan dari belakang atau depan layar monitor anda. Sebaiknya, gunakan lampu meja dan posisikan lampu terseut di kedua sisi monitor sehingga dapat memberikan pencahayaan tidak langsung.
  5. Gunakan aturan 20-20-20
  6. Setiap 20 menit sekali, temukanlah sebuah benda dengan jarak sekitar 20 meter, dan kemudian tataplah benda tersebut selama 20 detik. Trik ini dimaksudkan melatih mata anda dan mengistirahatkannya dari backlight yang terang monitor anda.
  7. Cobalah kacamata Gunnar
  8. Cahaya buatan yang dikombinasikan dengan cahaya alami dan lampu latar monitor membuat stres pada mata anda. Salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan adalah menggunakna kacamata Gunnar. Kacamata khusus yang kebanyakan ditujukan untuk para gamer ini berwarna kuning, untuk mengimbangi cahaya biru dingin yang dihasilkan monitor anda.
  9. Gunakan setup yang mudah pada mata
  10. Ketika bahan dan peralatan kerja anda bertebaran di daerah-daerah yang lain di meja anda, maka ini memaksa mata untuk selalu menyesuaikan kembali dengan jarak mereka yang berbeda-beda. Perbaiki ini dengan menempatkan keyboard anda tepat di depan monitor, dan bahan bacaan anda berdekatan dengan menggunakan sebuah penahan.

0 komentar:

Posting Komentar